ANNUAL CONFERENCE

ANNUAL CONFERENCE

Peran ilmu psikologi dalam pengelolaan SDM di perusahaan atau instansi pemerintahan tidak diragukan lagi. Banyaknya kasus seorang karyawan yang tidak mau bekerja lagi bahkan bunuh diri karena tugas dan pekerjaannya merupakan bukti lemahnya fungsi recruitment di Instansi tersebut, karena kurang memperhatikan aspek psikologi dalam proses rekrutmennya. Jika diorganisasi ditemukan karyawan tidak berprestasi, tidak semangat bekerja, tidak loyal, ada kemungkinan faktor psikologi yang membuat mereka tidak bekerja sesuai harapan perusahaan.

Dalam setiap proses pengembangan SDM di perusahaan juga memerlukan ilmu psikologi, selain dalam proses assessment juga dalam rangka motivasi, karir, dan promosi yang diperlukan untuk pengembangan SDM. Tentu masih banyak peran ilmu psikologi dalam manajemen SDM di perusahaan.

Perusahaan yang ingin langgeng hidupnya harus taat pajak. Pajak tidak perlu di hindari tetapi harus dikenali manfaat dan pentingnya pajak untuk kehidupan berbangsa dan bernegara. Meskipun masalah perpajakan masih dianggap beban bagi sebagian pengusaha namun lambat laun seiring dengan kesadaran manusia pembayaran pajak nampaknya terus menunjukkan kenaikan yang berarti. Hal ini terbukti dengan kesungguhan dari para pengusaha yang mau mengikuti program tax amnesty yang di selenggarakan pemerintah

Ditengah pertumbuhan usaha yang semakin meningkat dan banyaknya peluang usaha di Indonesia, maka pengetahuan dan keterampilan SDM yang mengurus perpajakan juga perlu peningkatan. Perusahaan yang baik harus memiliki divisi pajak tersendiri agar administrasi perpajakannya bisa tertib dan tidak mengalami kesalahan. Karena itu manajemen harus terus mengembangkan para pengelola pajak di perusahaan dengan berbagai kursus dan seminar tentang perpajakan

Perkembangan bisnis yang semakin pesat dengan berbagai perubahan lingkungan yang terus berubah, menuntut para praktisi sumber daya manusia untuk mempersiapkan strategi pengelolaan sumberdaya manusia yang efektif dan efisien. Era teknologi informasi menjadi bagian penting untuk diperhitungkan oleh para pengelola SDM saat ini dan yang akan datang. Berbagai program terus menerus dijalankan baik program pengembangan maupun sistem manajemen SDM terkini yang diharapkan mampu memberikan solusi perusahaan di masa depan.

Masalah-masalah yang seringkali muncul dan dirasakan oleh praktisi SDM adalah bagaimana mempersiapkan kepemimpinan di perusahaan, termasuk didalamnya bagaimana mengembangkan talent yang ada dan yang tidak kalah pentingnya adalah menghadapi masalah sukses kepemimpinan di perusahaan. Selain itu tuntutan pengelola pengelola perusahaan agar pengelola SDM meningkatkan fungsi menjadi parter strategik dalam mengelola perusahaan. Karena itulah perlu pemahaman yang konprehensif atas fungsi yang diharapkan pemilik perusahaan maupun tantangan yang akan dihadapi perusahaan dimasa yang akan datang.

Persaingan usaha di Era digital yang sudah berjalan ini menuntut program pengembangan SDM yang lebih inovatif. Tantangan dan peluang hampir datang setiap saat seiring dengan munculnya para pesaing baru dengan kemampuan digital yang lebih agresif. Jika perusahaan tidak segera bankit melakukan transformasi kea rah digital, sudah dipastikan akan tertinggal.

Berangkat dari sinilah perusahaan yang ingin sukses, harus memiliki strategi yang jitu dalam pengembangan SDM. Pola pengembangan SDM harus di sesuaikan dengan kebutuhan organisasi di era digital seperti saat ini


Mengapa perlu Talent Management? inilah pertanyaan yang sering muncul dalam diskusi pengeloaan SDM di perusahaan sejak th 1990an. Saat itu banyak praktisi SDM yang menyadari pentingnya pemanfaatan bakat karyawan dalam mencapai prestasi di pekerjaan. Jika karyawan di tempatkan pada posisi dimana bakat mereka menunjang, akan menghasilkan kinerja lebih baik dan itulah yang diharapkan oleh perusahaan. Persoalan muncul ketika perusahaan harus melebarkan sayapnya di tingkat regional bahkan global, sementara talent yang ada hanya dipersipkan bermain di pasar local, bagaimana praktisi HR harus melakukan strategi mempersiapkan SDM yang bisa bermain di tingkat global? Talent Management diharapkan akan memberikan solusi terbaik dalam mengatai masalah kebutuhan SDM di tingkat global. Dengan konsep Talent Management perusahan akan lebih fokus pada kekuatan SDM yang bisa dikembangkan menjadi SDM bertaraf global.

Perubahan perilaku pelanggan akibat hadirnya teknologi informasi saat ini tentu akan sangat berpengaruh terhadap strategi perusahaan dalam memberikan pelayanan pelanggan. Pelanggan semakin dimanjakan oleh beragam kemudahan dengan teknologi sehingga pelanggan juga semakin mempunyai peluang untuk meninggalkan perusahaan dan beralih ke perusahaan lain yang mampu memberikan pelayanan terbaik.

Konsep pelayanan pelanggan akan mengalami perubahan karena pelanggan saat ini dan yang datang adalah geneasi melenial yang akrab dengan teknologi.

Karena itu para manajer pelayanan pelanggan harus memiliki strategi pelayanan pelanggan yang tepat dalam menghadapai perubahan perilaku pelanggan di era digital . Disamping itu perlu melakukan perubahan konsep pelayanan dengan berbagai pengalaman baru untuk membuat pelanggan lebih loyal.

Asia Pacific HR Forum is an event designed to educate, develop, update, share and inspire today’s industry professionals about people, market, business which can help to determine a strategic planning in organization related with people and business.

Seminar CSR yang digelar setiap tahun sekali sejak tahun 2009 ini sudah berlangsung 7 kali. Seminar CSR yang diberi Judul THE REAL CSR ini di maksudkan untuk mengingatkan para praktisi CSR di perusahaan tentang arah pelaksanaan program CSR yang riil dan benar benar bermanfaat untuk masyarakat. Dengan seminar CSR ini, diharapkan dapat menjadi inspirasi peserta dalam menjalankan program CSR dan seklaigus menjadi media komunikasi dan sharing antar praktisi CSR di Indonesia


Supply Chain Management memiliki peran strategis dalam meningkatkan kinerja perusahaan di Indonesia. Selain untuk mempercepat fungsi pelayanan kepada pelanggan juga peningkatan efisiensi dalam menjalankan operasi perusahaan. Dibukanya era perdagangan bebas di tingkat Asean, akan semakin besar peran Supply chain management dalam penjalankan operasi perusahaan. Oleh karena itu perlu adanya media pembelajaran yang dapat memberikan sharing atau masukan terkait dengan pengetahuan dan ketrampilan yang mendalam tentang tantangan Supply Chain Management di Indonesia.

Semakin banyaknya gedung diberbagai kota besar, semakin banyak pengetahuan dan ketrampilan yang diperlukan dalam kaitannya dengan pengelolaan gedung. Gedung yang memiliki andil terbesar dalam berbagai aktifitas usaha maupun pemerintahan dalam mencapai tujuan organisasi nampaknya masih kurang memperhatikan risikonya. Menurut pengamatan kami masih sedikit organisasi yang betul–betul menempatkan manajemen gedung sebagai bagian terpenting dalam kegiatan usaha. Sehingga sering terjadi berbagai pengalaman buruk yang menimpa sebuah gedung perkantoran, karena tidak memiliki kemampuan mengelola gedung dengan baik. Masih sedikit profesional yang memilih kompetensi sebagai ahli mengelola gedung. Sehingga profesi ini kami yakini masih cukup langka di Indonesia.

Semua gedung pada umumnya memiliki manajer pengelola gedung, mereka perlu terus menambah kompetensi seiring dengan perubahan lingkungan saat ini yang terus terjadi. Gedung memiliki banyak risiko yang cukup besar dan bisa menghancurkan usaha jika tidak dikelola dengan baik. Karena dengan kesalahan pengelolan bisa mendatangkan musibah seperti: kebakaran, terjadi Bom, kasus kecelakaan, kasus sosial yang bisa terjadi setiap saat.

Tantangan manajemen SDM di tengah perubahan lingkungan usaha yang semakin cepat dan mengglobal nampaknya semakin kompleks. Selain datangnya era digital juga semakin banyaknya generasi muda (Y generation) yang akan menduduki posisi puncak manajemen SDM juga perlu menjadi perhatian para pengelola SDM di perusahaan . Bagaimana langkah – langkah yang harus dihadapi oleh manajemen SDM perusahaan dalam menghadapi perubahan ini ? inilah yang akan dikupas dalam rangkaian seminar akbar akhir tahun 2017 yang dikemas dengan nama HR EXPO.

HR EXPO yang sudah diselenggarakan sejak tahun 2004 ini diharapkan menjadi solusi bagi para praktisi manajemen SDM di Indonesia untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan mereka, sehingga mampu menghasilkan SDM – SDM berkualitas dunia. Setiap kali penyelenggaraan, HR Expo dihadiri lebih dari 600 peserta dengan berbagai level dan terus meningkat dari tahun ke tahun.


Contact of Conference :

Winda , Telp. (021) 781 5858 (hunting), (021) 781 9844

Fax. (021) 7883 8781

Email : info@intipesan.co.id