IntiPesan.com

Tujuh Dampak Positif Memiliki Komunikasi yang Baik di Tempat Kerja

Tujuh Dampak Positif Memiliki Komunikasi yang Baik di Tempat Kerja

Sebenarnya banyak orang telah menyadari bahwa adanya komunikasi yang baik, akan memiki banyak dampak positif bago perkembangan bisnis mereka. Selain itu terjalinnya komunikasi yang sehat dapat pula meningkatkan kesuksesan melalui peningkatan produktivitas, kerja tim, loyalitas, dan hubungan klien yang lebih kuat.

Para ahli di TelephoneSystems.Cloud telah menyarankan kepada para pemimpin untuk tidak meremehkan manfaat komunikasi yang efektif dan dampaknya terhadap kesuksesan bisnis. Komunikasi yang baik adalah tulang punggung dari semua model bisnis yang efektif dan merupakan kunci untuk menumbuhkan laba, produktivitas, dan loyalitas di antara klien dan karyawan. Hubungan klien yang kuat adalah kunci pertumbuhan bisnis – tetapi hanya akan terjadi apabila komunikasi yang dilakukan secara jujur, ​​dimana tim dapat membawa tingkat kepercayaan yang kuat yang akan dihormati dua arah.

Produktivitas juga akan berkembang dengan komunikasi yang efektif karena karyawan yang bekerja di lingkungan mereka merasa nyaman untuk mengajukan pertanyaan dan mengakses informasi yang berguna ingin bekerja lebih baik. Komunikasi yang baik juga meningkatkan loyalitas di antara anggota tim dan klien – membiarkan orang lain terlibat dalam percakapan penting akan membuat mereka merasa lebih dihargai dan terhubung dengan bisnis dan pekerjaan mereka.

Menurut Juliet Moran, pendiri TelephoneSystems.Cloud bagi sebagian besar orang mungkin proses komunikasi ini terlihat mudah, tetapi cara kita berbicara satu sama lain adalah bagian paling penting untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis kita.

“Itulah satu-satunya cara untuk meningkatkan loyalitas karyawan dan mendorong ide-ide inovatif, serta memberikan dukungan bagi perubahan situasi dari krisis menjadi proposal yang konstruktif. Percakapan ini juga akan menciptakan kerja tim yang kuat sepanjang hari serta lingkungan yang saling percaya dan nyaman bagi karyawan. Pada gilirannya, mereka yang menghabiskan waktunya di tempat kerja yang transparan dan jujur ​​akan merasa lebih dihargai dan terhubung dengan bisnis, membawa pertumbuhan dan keuntungan bagi perusahaan, jelasnya lebih jauh.

Secara umum komunikasi yang buruk di tempat kerja adalah silent killer bagi sebagian besar bisnis.

Mereka juga menyebutkan tujuh dampak positif peningkatan komunikasi di tempat kerja, diantaranya adalah :

1. Meningkatkan kerja tim

Ikatan tim yang kuat seringkali hanya mengandalkan hubungan baik diantara semua anggota. Kepemimpinan dalam tim adalah kunci untuk mempromosikan komunikasi langsung namun jelas dan bermaksud baik dengan semua kolaborator lainnya. Komunikasi yang komprehensif dan transparan hanya akan memperkuat hubungan tim dan hasil kerja.

2. Meningkatkan kualitas hubungan dengan klien

Interaksi yang sukses dengan klien sangat penting untuk pertumbuhan bisnis. Pelanggan akan selalu menghargai komunikasi yang terbuka dan jujur ​​untuk membangun tingkat kepercayaan yang kuat yang akan berjalan dua arah. Komunikasi akan membangun kepercayaan klien yang pada gilirannya akan membuka lebih banyak ruang untuk ide-ide baru dan dengan demikian lebih banyak peluang.

3. Meningkatkan loyalitas

Meningkatkan kualitas transparansi komunikasi dengan karyawan yang lain dalam bisnis akan membuat anggota tim merasa lebih dihargai dan loyal terhadap pekerjaan mereka. Tanpa komunikasi yang efektif dari para pemimpin, anggota tim tidak akan merasa dihargai atau terhubung dengan perusahaan membuat mereka lebih cenderung menyimpang dari pekerjaan mereka untuk mencari diskusi yang lebih jujur.

4. Meningkatkan produktivitas

Komunikasi akan dengan cepat meningkatkan produktivitas karena mereka yang memiliki pemahaman yang lengkap dan eksplisit tentang peran pekerjaan mereka yang didorong oleh komunikasi yang efektif akan lebih mungkin menghasilkan keluaran yang lebih kuat. Karyawan yang bekerja di ruang dengan informasi yang tersedia pada gilirannya akan mengurus tanggung jawab mereka dan bekerja dengan lebih banyak energi.

5. Meningkatkan inovasi

Pekerja yang berada di lingkungan dengan komunikasi yang efektif antara anggota tim lainnya, tidak peduli seberapa senior mereka, akan merasa nyaman berbagi segala macam ide dengan rekan kerja mereka. Menciptakan ruang di mana karyawan merasa aman untuk mendiskusikan proposal akan memicu inovasi dan mendorong orang lain untuk juga berbagi dan terlibat dengan grup.

6. Meningkatkan kepercayaan

Memberikan contoh kepercayaan yang positif, percakapan yang terbuka dan transparan di tempat kerja adalah contoh terbaik untuk ditunjukkan kepada karyawan. Bisnis akan cepat gagal untuk terus berkembang tanpa mendapatkan kepercayaan dari semua anggota tim terlebih dahulu. Komunikasi yang tulus dan jujur ​​akan cocok dengan lingkungan bisnis dan tenaga kerja yang dapat dipercaya.

7. Menyelesaikan masalah

Merasa nyaman bekerja karena hasil komunikasi yang efektif akan membantu tim untuk menyelesaikan dan bahkan menghindari konflik apapun baik secara internal maupun dengan klien. Bersikap hormat, mendengarkan dengan niat, dan secara aktif membantu orang lain yang mengemukakan masalah akan mengubah ketidaksepakatan yang muncul menjadi percakapan yang konstruktif untuk meningkatkan kesuksesan bisnis.

 

sumber/foto : hrmasia.com/entrepreneur.com