IntiPesan.com

Sembilan Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Untuk Mengubah Hidup Kita

Sembilan Kebiasaan yang Perlu Dilakukan Untuk Mengubah Hidup Kita

Apakah kita ingin mengubah hidup kita? Kita tidak perlu membuat lompatan besar setiap hari. James Clear menjelaskan betapa pentingnya melakukan kebiasaan kecil dalam kehidupan sehari-hari untuk meraih sukses.

Berikut ini adalah sembilan kebiasaan kecil yang dapat dilakukan untuk mengubah hidup kita.

1.Persiapkan keperluan hari esok pada malam sebelumnya.

Luangkan waktu pada malam hari untuk mempersiapkan kegiatan untuk hari esok. Siapkan barang-barang yang akan dibawa dalam tas, siapkan makan siang, dan periksa jadwal untuk rapat.

Hal ini akan memberi ketenangan pada kita saat malam hari karena kita mengetahui bahwa semuanya sudah dipersiapkan untuk keperluan besok.Selain itu, kita juga lebih merasa tenang pada saat pagi harinya.

2.Gunakan timer untuk meningkatkan produktivitas.

Perasaan kekurangan dapat membantu kita untuk mendorong produktivitas dan mencapai tujuan. Kita bisa menggunakan timer untuk melakukan setiap tugas dan menyelesaikannya dalam jangka waktu tersebut. Teknik meningkatkan produktivitas dengan teknik Pomodoro sangat popular dan berguna. Dengan cara ini, kita melakukan tugas selama 25 menit dan beristirahat selama 5 menit.

3.Menuliskan pemikiran kita.

Ketika banyak hal yang mengganjal di dalam kepala kita, cobalah untuk menuliskan pada selembar kertas. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa kegiatan menulis mampu mengurangi kecemasan. Dengan demikian, hal itu berpotensi mengubah hidup kita.

Saat yang tepat untuk menuliskan pikiran adalah sebelum kita pergi tidur. Kosongkan pikiran dari semua hal sehingga kita dapat tidur nyenyak di malam hari.

4.Menunda untuk membalas email yang masuk.

Saat menerima email di kantor, kita mungkin merasa perlu untuk segera membalasnya. Menunda untuk membalasnya bisa menjadi ide yang bagus.

Kita bisa mengatakan, “Saya akan memeriksa jadwal terlebih dulu.” Hal itu mungkin merupakan hal terbaik untuk dilakukan. Kita memberi waktu bagi diri sendiri untuk memikirkannya, memeriksa prioritas dan daftar tugas, serta melihat apakah kita dapat menyesuaikannya. Tindakan ini akan mencegah kita dari mengerjakan dua tugas pada waktu yang bersamaan dan menghindar dari momen-momen yang membuat kita stres.

5.Nikmati waktu makan tanpa melakukan hal lain.

Kita sering makan sambil bermain komputer atau melihat TV. Cobalah untuk menikmati waktu makan tanpa melakukan hal apapun. Kita akan mengetahui bahwa menjawab telpon saat kita makan bisa memakan waktu sampai 10 menit.

6.Kurangi penggunaan telepon.

Cobalah mengurangi menggunakan ponsel sepanjang hari. Menggunakan ponsel dapat berdampak signifikan pada produktivitas kita. Saat kita berhenti mengerjakan tugas yang sedang dilakukan hanya untuk menjawab panggilan atau pesan pada telepon,kita akan membutuhkan rata-rata 23 menit 15 detik untuk kembali fokus pada tugas tersebut.

Ada banyak cara untuk menghentikan kecanduan pada ponsel. Menginstal aplikasi pengatur waktu tertentu atau membatasi waktu pemakaiannya adalah awal yang baik.

7.Jauhi media sosial.

Banyak orang begitu larut untuk menonton TV 10 tahun yang lalu. Saat ini, banyak orang juga tenggelam dalam media sosial.

Perhatikan saat kita menggunakan media sosial. Kebanyakan orang menghabiskan waktu berjam-jam dengan ponsel mereka untuk memantau media sosial. Pikirkan tentang apa jadinya hidup kita jika berhasil menguranginya. Cara yang bagus untuk memulainya adalah dengan membatasi penggunaan media sosial pada satu hari tertentu. Misalnya, abaikan media social kita pada hari Minggu.

8.Tinjau lagi pekerjaan kita sebelum meninggalkannya.

Sebelum pulang kantor, luangkan waktu selama lima menit untuk meninjau lagi hal-hal yang telah kita kerjakan. Tuliskan semua yang telah dilakukan sepanjang hari itu. Fokus pada hal-hal yang telah kita capai.

Selain itu, tuliskan apa yang belum kita selesaikan dan tulis alasannya.Untuk selanjutnya,kita dapat menghilangkan rintangan-rintangan tersebut dan menyelesaikan lebih banyak tugas pada siang harinya.

9.Membaca lebih banyak buku.

Semua pemikir besar di planet ini adalah pembaca buku yang baik. Orang-orang seperti Bill Gates, Oprah Winfrey, dan Charlie Munger suka membaca. Membaca adalah cara yang bagus untuk terus belajar dan mengembangkan diri. Dengan membaca hanya 15 menit sehari, kita dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan secara signifikan.

Jika kita bukan seorang kutu buku, ada banyak cara untuk membaca demi kepentingan belajar. Ikuti orang-orang di media sosial yang bisa mengajari kita berbagai hal. Dengarkan podcast atau buku dalam bentuk audio.

Lakukan kebiasaan di atas dan lihat bagaimana hidup kita berubah.

Sumber/foto : theladders.com/entrepreneur.com